Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Umat Katolik Punya Kesamaan Visi dan Misi dengan PKS

Umat Katolik dari enam Paroki Kota Depok mengadakan dialog dengan Nurmahmudi Ismail

Thursday, Aug. 4, 2005 Posted: 9:14:13AM PST

Umat Katolik Kota Depok menilai mempunyai kesamaan visi dan misi dalam membangun Kota Depok dengan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"PKS dan umat Katolik mempunyai kesamaan visi dan misi yang diemban, yaitu pemimpin merupakan pelayan dari masyarakat," kata tokoh umat Katolik Depok, Djoko Suhono, usai melakukan dialog dengan calon walikota dari PKS, di Depok, Minggu.

Umat Katolik dari enam Paroki Kota Depok yang mengadakan dialog tersebut dengan Nurmahmudi Ismail berasal dari Paroki Cinere (Santo Mathias), Depok Jaya (Santo Herkulannus), Depok Lama (Santo Paulus), Depok Tengah (Santo Mathius), Kelapa Dua (Santo Thomas), dan Depok Timur (Santo Markus).

Dalam pilkada di Kota Depok tersebut, Nur Mahmudi Ismail/Yuyun Wirasaputra merupakan tokoh yang diusung PKS untuk dicalonkan sebagai walikota Depok periode 2005-2010.

Djoko mengatakan pertemuan ini merupakan awal dan akan ditindaklanjuti dengan pertemuan-pertemuan berikutnya, karena umat Katolik cukup besar jumlahnya kalau ditotal karena mencapai angka 100 ribu orang.

Ia mengatakan secara dasar banyak program PKS yang mempunyai persamaan dengan ummat Katolik , dan pada awalnya yang memprakarsai pertemuan tersebut adalah PKS.

"Tema yang cukup menyentuh adalah diambil dari kami, yaitu Yesus datang untuk menjadi pelayan. Jadi pemimpin harus melayani warganya," katanya.

Mengenai mengapa tidak semua umat Kristiani ikut serta dalam dialog tersebut, Djoko mengatakan umat Katolik diberi kesempatan terlebih dahulu, mungkin pada kesempatan lain umat Kristiani lainnya bisa mengadakan dialog dengan calon dari PKS tersebut.

Sementara itu Nur Mahmudi Ismail mengatakan kesamaan tersebut merupakan bentuk nyata tentang pandangan kemasyarakatan, kemanusiaan, dan seni budaya itu yang dirasakan kedua pihak. Ia mengatakan, pihaknya akan intensif melakukan dialog secara terus- menerus untuk dapat bisa melakukan kegiatan yang lebih dalam lagi.

Mengenai mengapa hanya umat Katolik yang diajak dialog, calon walikota dari PKS tersebut mengatakan yang sudah berinteraksi dengan PKS adalah Katolik. Namun PKS berikhtiar bertemu dengan siapa saja, baik itu Hindu, Kristen Protestan, Budha, untuk berdialog dan berinterkasi supaya bisa bersama-sama membangun Kota Depok secara merata.




Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang