Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Denomination
 

Gereja Katolik Timor Leste Kecam KKP

Gereja Katolik Timor Leste menandaskan, keadilan bagi para korban pelanggaran HAM pada masa jajak pendapat hanya dapat diraih melalui pengadilan internasional

Tuesday, Aug. 2, 2005 Posted: 1:47:47PM PST

Gereja Katolik Timor Leste menandaskan, keadilan bagi para korban pelanggaran HAM pada masa jajak pendapat hanya dapat diraih melalui pengadilan internasional.

"Gereja Katolik meminta kelanjutan campur tangan PBB untuk meraih keadilan bagi rakyat Timor Leste," tegas Uskup Basilio do Nascimento dan Alberto Ricardo da Silva dalam pernyataannya.

"Kami berharap suara rakyat Timor Leste yang menderita akan didengar," tukas kedua pemimpin Gereja Katolik ini, Suara Pembaruan melaporkan.

Para uskup mengecam "keputusan para pemimpin politik yang menyangkal hak rakyat Timor Leste untuk meraih keadilan."

"Timor Leste adalah bangsa dengan mayoritas umat Katolik yang tidak mendukung kebijakan impunitas yang dilakukan pemerintah." Sikap ini mencerminkan penolakan terhadap upaya rekonsiliasi melalui Komisi Kebenaran dan Persahabatan (KKP).

Sementara itu, Selandia Baru menyambut laporan Komisi Ahli PBB yang mendesak Jakarta untuk mengadili militer dan polisi Indonesia atas tuduhan melakukan pelanggaran hak asasi manusia (HAM) di Timor Timur setelah jajak pendapat di provinsi tersebut tahun 1999.

Militer Indonesia dituding melakukan aksi bumi hangus setelah jajak pendapat yang disponsori oleh PBB. Kelompok prokemerdekaan meraih kemenangan. Aksi bumi hangus mengakibatkan banyak korban tewas dan menghancurkan rumah dan bangunan di provinsi itu. Aksi kekerasan tersebut baru berhenti setelah pasukan penjaga perdamaian asing tiba.

Menteri Luar Negeri Selandia Baru Phil Goff, Senin (1/8), mengatakan laporan Komisi Ahli PBB yang diberi mandat oleh Sekjen PBB Kofi Annan, "merekomendasikan perlunya langkah lanjutan untuk memastikan bahwa orang-orang yang bertanggung jawab (atas kejahatan serius di Timtim) dihukum sesuai perbuatannya."

"Selandia Baru secara konsisten mendesak diadakannya "pengadilan yang kredibel" untuk mengadili kejahatan HAM di Timor Timur," ujar Goff.

Sejauh ini pengadilan Indonesia telah mengadili 18 orang, kebanyakan polisi dan tentara, dengan dakwaan kejahatan terhadap HAM. Sebanyak 12 orang diputus bebas dan lima orang hukumannya dibatalkan lewat pengadilan banding. Permohonan banding seorang terdakwa lainnya belum diputus hingga hari ini.

Kofi Annan membentuk sebuah Komisi Ahli untuk mengkaji kinerja pengadilan Indonesia atas kasus itu dan menjelaskan mengapa sebuah resolusi Dewan Keamanan PBB tahun 1999 untuk menghukum mereka yang bertanggung jawab dalam aksi berdarah tersebut gagal.

Indonesia sendiri telah berupaya menghadapi tudingan PBB tersebut dengan membentuk sebuah "Komisi Kebenaran dan Persahabatan" (KKP) dengan Timor Leste, namun lembaga yang beranggotakan tokoh-tokoh hukum dan HAM dari kedua negara itu, tidak merekomendasikan langkah hukum terhadap orang-orang yang bertanggung jawab.



Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang