Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Ecumenical
 

HKBP-EKiR Implementasikan Pendeta Ekumenikal

Sebagai implementasi dari kerjasama antara HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) dan EKiR (Evangelische Kirche im Rheinland - Gereja Prostestan di Rheinland), kedua gereja telah mengadakan Pembentukan Pendeta Ekumenikal

Friday, Jun. 24, 2005 Posted: 2:46:22PM PST


(HKBP)


Sebagai implementasi dari kerjasama antara HKBP (Huria Kristen Batak Protestan) dan EKiR (Evangelische Kirche im Rheinland - Gereja Prostestan di Rheinland), kedua gereja telah mengadakan Pembentukan Pendeta Ekumenikal di Sopo Toba, Samosir, 7-20 Juni 2005, yang dinyatakan di situs Biro Informasi HKBP.

Tema dari pembentukan tersebut adalah Mari Berjalan Bergandengan Tangan (Let’s Walk Hand in Hand).

Formasi dibuka oleh Sekretaris Umum HKBP Rev. W.T.P. Simarmata mewakili para pemimpin HKBP pada 8 Juni. Menurut Rev.Simarmata, kerjasama antara HKBP dan EKiR amat penting karena jemaat dapat merasakan ikatan persaudaraan walau ada jarak geografis dan budaya diantara mereka. Hubungan persaudaraan itu telah membuat mereka menjadi lebih kuat dalam iman dan untuk menghadapi masalah-masalah kehidupan, kata Rev. Simarmata.

Fasilitator untuk formasi adalah Prof Dr Karl-Wilhelm Dahm (Pensiunan Professor di Faculty of Theology University of Münster), Rev. Heiner Süselbeck (Direktur EKiR’s untuk Pastoralkolleg), Rev Gomar Gultom (Kepala dari Pembentukan Biro HKBP), Rev Marudut Manalu, dan Rev Mangisi Simorangkir (dari GKPI - Gereja Protestan Indonesia).

Para nara sumber didalam pembentukan adalah Rev S.A.E. Nababan (mantan Ephorus HKBP), Prof Dr Ridwan Lubis (Urusan Keagamaan di Dept RI), Rev Bonar Lumbantobing (HKBP Seminari Teologi), Rev Robin Butarbutar (Koordinator UEM wilayah Asia, Medan), dan Rev Richard Daulay (Sekretaris Umum PGI—Persekutuan Gereja-gereja Indonesia)

Komite Lokal dan pembantu teknik adalah Rostetty Lumbantobing, Maria Tampubolon, Esra Situmeang, dan Freddy Simanjuntak. Mereka semua bekerja di Markas HKBP, Taruntung.

Partisipan untuk pembentukan datang dari HKBP, EKiR, GBKP (gereja Karo), dan EKvW (Gereja Jerman Westfalia). Mereka semua adalah; Rev Pangondian Gultom (HKBP Eben Ezer Ambarita, Samosir), Rev Desla Berius Manullang (HKBP Lumbansoit, Sipoholon, Tarutung), Rev Rawaty Sihotang (HKBP Pintusona, Samosir), Rev Mixon Simarmata (HKBP Jalan Sudirman, Medan), Rev Riris Yohana Siagian (HKBP Aek Kanopan), Rev Jeffry Hunter Sihombing (HKBP Pension Fund Bureau), Rev Thomson Martua Parulian Sinaga (Biro Informasi HKBP), Rev Oktarium Togar Pangihutan Hutabarat (HKBP Webmaster), Rev Rostetty Lumbantobing ( Biro Formasi HKBP), Rev Firma M. Napitupulu (HKBP tahuan Ganda, Labuhan Batu), Rev Romeo Sinaga (HKVBP Hutagugung, Dairi), Rev Agustina Ompusunggu (HKBP Peniel, Desa Janji, Dairi), Rev Arapen Peranginangin (GBKP Kisaran), Rev Volker Böhm (EKiR, Simmerath), Rev Christina Brüll (EKiR, Linnich), Rev Markus Freitag (EKvW, Bad Oeynhausen), Rev Bärbel Knecht (EKvW, Mannheim), Rev Carsten Körber (EKiR, Düsseldorf), Rev Andreas Nehls (EKiR, Oberkostenz), Rev Christoph Nell-Wolters (EKiR, Kleve), Rev Dirk Puder (EKiR, Aachen), Rev Valeria Schmidt (EKiR, Kleve), Rev Ralph van Otterlo (EKiR, Goch), and Rev Kirsten-Luisa Wegmann (EKiR, Wuppertal).

Pembentukan ditutup dengan penyembahan dan perjamuan kudus pada tanggal 20 Juni dan akan dilanjutkan pada 2007 di Jerman dimana para pendeta HKBP akan diundang untuk menghadirinya.


Next Page: 1 | 2 |


Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang