Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Seminar Visi dan Misi HKBP Digelar

Gereja Bertugas sebagai Perekat Kehidupan Bangsa, kata Ephorus HKBP

Tuesday, Jun. 14, 2005 Posted: 3:23:33PM PST


Gereja sebagai salah satu komponen kecil dalam tata kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia, memiliki tugas dan tanggungjawab besar untuk ikut serta menjadi perekat kehidupan berbangsa.

"Belakangan ini kita merasakan betapa ikatan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika itu mengalami cobaan dan goncangan. Nampaknya kesejahteraan rakyat yang telah meningkat secara menyeluruh telah membangkitkan dinamika baru yang memerlukan penanganan dan penyaluran yang tepat. Karena itu, gereja berperan merajut tali perekat kesatuan dan persatuan bangsa itu," kata Ephorus HKBP, Dr Bonar Napitupulu dalam seminar Visi dan Misi HKBP di Jakarta, Sabtu, 11 Juni 2005, seperti yang diberitakan Suara Pembaruan.

Dalam kaitan itu melihat munculnya kembali berbagai ide dan konsepsi yang tadinya pernah muncul dalam sejarah masa lalu bangsa, sebagai harapan penyaluran berbagai aspirasi yang berkembang. Namun sebenarnya ide dan konsepsi itu telah usang dan tidak sesuai lagi karena bangsa telah menetapkan Pancasila sebagai satu-satunya asas dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Inilah salah satu pergumulan dan harapan kita, yaitu agar bangsa ini terus bertumbuh semakin maju, semakin adil, semakin demokratis tanpa harus tersandung pada permasalahan baru disekitar ideologi negara," tegasnya.

Hal senada diungkap pengamat sosial kemasyarakatan Dr Raden Pardede dimana gereja dalam hal ini HKBP sebagai elemen bangsa Indonesia harus memacu pertumbuhannya dan pemberdayaan masyarakat.

"Kita bergumul untuk memajukan saling pengertian, persaudaraan dan kerukunan ditengah-tengah masyarakat kita yang majemuk. Kita juga menyadari bahwa maksud baik itu juga dihayati oleh saudara-saudara sebangsa. Namun kita juga mengetahui bahwa usaha dan maksud baik itu tidaklah mudah, diperlukan kesabaran dan ketekunan serta dukungan doa tentunya," tukasnya.




Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang