Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Info Iklan
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > Ecumenical
 

Sidang Raya Ke-12 Dewan Gereja-gereja Asia Berakhir

Sekjen WCC mengatakan adanya dua gerakan ekumenikal saat ini perlu mengadakan dialog kreatif

Saturday, Apr. 9, 2005 Posted: 2:07:59PM PST


Sidang Raya ke-12 Dewan Gereja Asia (Christian Conference of Asia- CCA) ditutup Rabu, 6 April 2005 di Chiang Mai, Thailand. Sidang raya tersebut berlangsung sejak 31 Maret lalu dan dihadiri sekitar 500 pimpinan gereja dan dewan gereja-gereja di seluruh Asia. Utusan HKBP dalam Sidang Raya tersebut adalah Sekretaris Jenderal HKBP Pdt W.T.P. Simarmata, MA. Hal ini dilaporkan oleh Biro Informasi HKBP.

Sidang raya kali CCA ini membicarakan banyak hal, termasuk agenda Dewan Gereja-gereja Dunia (World Council of Churches-WCC) yang akan memfokuskan Dekade untuk Mengatasi Kekerasan (Decade to Overcome Violence) 2005 di Asia.

Sekjen WCC Rev Dr Samuel Kobia pada hari Jumat, 1 April, menjadi pembicara kunci dalam sidang raya bertema "Membangun Komunitas Damai untuk Semua" dengan mengangkat tajuk "Kecenderungan-kecenderungan Baru dalam Gerakan Oikumene." Dia mengatakan bahwa gereja-gereja sebaiknya melakukan "perjumpaan aktif dan keikutsertaan kreatif dengan isu-isu dan tantangan yang dihadapi dunia kita sekarang ini" daripada "obsesi yang hanya mengarah ke dalam dengan struktur gereja sendiri."

Sebelumnya, Sidang Raya ke-11 dari CCA berlangsung di Manado, bulan Juni 2000, dan dibuka oleh mantan Presiden RI K.H. Abdurrahman Wahid.

Kobia menyebut adanya dua contoh dalam gerakan ekumenikal dewasa ini yang perlu melakukan dialog kreatif:

1. Dimensi pengalaman dari iman, yang terutama terdapat dalam diri kaum muda yang melintasi batas-batas tradisi dan membentuk jaringan spiritual dan moral yang baru.

2. Spiritualitas hidup yang dialami di tengah-tengah kaum miskin dan gerakan-gerakan sosial yang menyokongnya, telah membawa aliansi baru bagi kehidupan, adanya koalisi perlawanan menghadapi ketidakadilan, penindasan, dan penyingkiran."

Dia juga mendesak adanya sumbangan Asia bagi gerakan oikumene dan mendorong gereja-gereja untuk mencari "makna dan cara baru dalam gerakan ekumenikal" dengan tujuan mewujudkan keadilan dan perdamaian di dunia ini daripada hanya melayani kepentingan diri sendiri dan kepentingan struktur institusional gereja.

Sesudah ceramah Sekjen WCC, para peserta melakukan diskusi panel tentang "Kerjasama antar-Iman di Asia," dengan para panelis yang mengangkat perspektif Islam, Hindu dan Budha tentang tema sidang raya tersebut.

Sidang Raya ke-12 CCA ini dibuka oleh PM Thailand Thaksin Shinawatra. Pembicara tema dalam sidang raya ini adalah Dr. James Haire, Presiden Persekutuan Gereja-gereja di Australia. Pembicara lain Dr. Christine Loh mengangkat topik "Geo-politik di Asia." Loh merupakan CEO di Civic Exchange, suatu lembaga think-tank tentang kebijakan publik yang berpusat di Hongkong.



Eva N.

 
Dari Church  
Pembinaan Penatua HKBP : Penatua Harus Implementasikan Visi & Misi Gereja
Penatua HKBP harus berperan aktif dalam membangun pelayanan di tengah-tengah masyarakat. Pelayanan yang bersifat inklusif, dialogis dan terbuka terbuka sangat diharapkan dapat hadir dari penatua-penatua ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Friday, Nov. 11 2005 4:07:36PM PST
Tokoh Gereja: Posisi Tawar Umat Kristen Rendah
Kelompok Teroris Diduga Sedang Merancang Teror Malam Natal
Gereja Se-Indonesia Bahas Penutupan Tempat Ibadah
Pdt Damanik Minta Inggris Tekan RI
TPKB Minta SKB Serta Revisinya Dicabut [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9 diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/--- www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/--- http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode 11