Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Interaktif

Life Way Terbitkan Terjemahan Modern Alkitab Bahasa Cina

Jennifer Riley
Reporter Kristiani Pos

Posted: Feb. 04, 2009 23:09:39 WIB

LifeWay Christian Resources, salah satu penyedia produk-produk dan pelayanan Kristiani terbesar di dunia, baru-baru ini mencetak terjemahan modern kitab Perjanjian Baru dalam bahasa Cina. Menurut laporan, ini adalah yang pertama kalinya ayat Alkitab diterjemahkan langsung dari bahasa aslinya Yunani ke dalam bahasa Cina.

Sebelum muncul terjemahan baru LifeWay, telah lebih dahulu dikenal Alkitab Standar Cina, Kristiani Cina bergantung pada terjemahan yang dikenal dengan Chinese Union Version. Terjemahan tersebut telah dilakukan pada tahun 1920 an dan berdasarkan copy Alkitab Bahasa Inggris daripada versi Yunani asli.

Dengan terjemahan kuno ini, pembaca akan merasa bingung tentang bagian tertentu dari ayat yang diterjemahkan secara minim sehingga hal tersebut akan dimengerti secara harafiah, seperti contoh ketika Yesus bicara kepada para murid-Nya untuk minum darahnya dan makan tubuh-Nya.

"Tujuan kami adalah agar Kristiani di Cina dapat membaca terjemahan tersebut dan menyukainya,”ujar Phillip Burgess, direktur pelaksana LifeWay 's Holman Bible Outreach International, kepada The Tennessean.

Burgess mengatakan bahwa terjemahan baru Cina lebih mudah dimengerti dan juga telah memasukkan bahasa modern Cina.

Holman Bible Publishers, yang merupakan bagian dari LifeWay’s B&H Publishing Group, baru-baru ini telah mencetak 20.000 copy terjemahan modern Cina yang akan dijual di Amerika Serikat, Kanada dan Brasil.

Dikatakan bahwa untuk saat ini hanya akan menjual Alkitab secara legal.

Pemerintah di daratan Cina baru-baru ini hanya mengijinkan Alkitab yang dicetak oleh Amity Press di Nanjing, Cina untuk dijual ke gereja-gereja yang resmi di bawah pemerintah, Chinese Christian Council (CCC).

Akan tetapi Asia Bible Society, yang menginisiasikan bahasa Yunani ke dalam proyek penterjemahan Alkitab bahasa Cina, mengatakan telah bertemu dengan pejabat CCC untuk berdiskusi. Pihak CCC harus menyetujui terjemahan modern Alkitab tersebut agar dapat dijual secara resmi di Cina.

Para cendikiawan baru-baru ini telah menerjemahkan Kitab Perjanjian Lama dari bahasa Yunani ke bahasa Cina dan berharap dapat menyelesaikan proyek tersebut pada tahun 2011.

LifeWay merupakan penerbitan yang berada di bawah naungan Southern Baptist Convention, sebuah denominasi Protestan terbesar di Amerika Serikat yang beranggotakan lebih dari 16 juta orang.

Next Story : Pemimpin Katolik India: Homoseksual Patologis Dapat Dipulihkan

Terpopuler

Headlines Hari ini