Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Editorial
Customer Service
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > NGO
 

Setiap Hari, Sepuluh Bayi Lahir Terinfeksi HIV

Saat ini jumlah kasus HIV di Indonesia ada 500.000, yang didasarkan pada laporan Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa jumlah IDU sebanyak 570.000. Dari jumlah itu, 80 persen diantaranya terinfeksi HIV.

Thursday, Apr. 27, 2006 Posted: 9:48:18AM PST

Diperkirakan setiap hari 10 bayi lahir di Indonesia telah infeksi human immunodeficiency virus (HIV), yang merupakan penyebab sindrom penurunan daya tahan tubuh (AIDS). Bayi-bayi itu umumnya berasal dari pasangan suami istri yang memakai narkotika suntik (IDU).

Hal ini diungkapkan Kepala Sub Direktorat AIDS Dirjen Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Departemen Kesehatan (Depkes) dr Sigit Priohutomo MPH dan Kepala Sub Direktorat TB Direktorat Jenderal Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Depkes dr Carmelia Basir MEpid, usai peluncuran buku "HIV dan TB" oleh Yayasan Spiritia, Selasa (25/4) di Jakarta, harian Suara Pembaruan memberitakan.

Sigit dan Carmelia menegaskan, kasus HIV/TB di Indonesia merupakan epidemi ganda. Seseorang yang terinfeksi HIV lebih mudah atau berisiko tinggi menderita Tuberkulosis (TB).

Diperkirakan, sekitar 60 persen dari pengidap HIV/AIDS (orang dengan HIV/AIDS-odha) menderita TB. Untuk menekan laju penularan ini diperlukan segera upaya konkret.

Sigit menjelaskan, saat ini jumlah kasus HIV di Indonesia ada 500.000, yang didasarkan pada laporan Badan Narkotika Nasional (BNN) bahwa jumlah IDU sebanyak 570.000. Dari jumlah itu, 80 persen diantaranya terinfeksi HIV. Untuk kasus AIDS, ujarnya, secara kumulatif sejak tahun 1987 sampai 2006 ada 5.823 kasus AIDS.

Lebih lanjut diutarakan, perkiraan 10 bayi lahir yang terinfeksi HIV setiap hari didasarkan pada data tahun 2002. Ketika itu, ada 65.000 perempuan yang rawan terinfeksi HIV dan ada 24.000 perempuan yang berada dalam usia produktif terinfeksi HIV. Selain bayi baru lahir yang terinfeksi, pemakaian narkotika suntik di penjara juga semakin menambah kasus AIDS di Indonesia.

Disebutkan, sekitar 25 persen dari narapidana terinfeksi HIV. Setiap tahun ada 400 orang narapidana yang meninggal di lembaga pemasyarakatan karena AIDS.

"Setiap hari bisa dikatakan ada seorang narapidana yang meninggal karena AIDS. Di rumah sakit di Jakarta, seperti di RSUD Budhi Asih pernah dilaporkan dalam sebulan ada empat bayi yang terinfeksi HIV," ujar Sigit.

Carmelia mengatakan bahwa epidemi HIV mempengaruhi epidemi TB. Pada kasus HIV juga ditemukan infeksi kuman TB karena daya tahan tubuh yang menurun dari odha maka TB lebih mudah terjadi. Di klinik Perkumpulan Pemberantasan Tuberkulosis Indonesia (PPTI) Baladewa Jakarta, tahun 2004 dari 44 IDU yang juga menderita TB 50 persen diantaranya HIV positif. Sedangkan pada periode 1 September 2004 sampai 31 Agustus 2005 dari 641 pasien TB, 23 persen diantaranya HIV positif.

Untuk pengobatan TB, ujarnya, pemerintah pusat menyalurkan obat TB gratis ke puskesmas dan rumah sakit. Praktik di lapangan bisa jadi obat itu tidak gratis karena tergantung pada kebijakan pemerintah daerah. Untuk HIV, menurut Sigit, saat ini ada 75 rumah sakit di Indonesia baik rumah sakit pemerintah dan swasta yang menyediakan obat HIV/AIDS (antiretroviral/ARV) gratis. Namun, untuk pemeriksaan terkait masih dikenakan biaya. Ditambahkannya, sudah saatnya puskesmas disertakan untuk menanggulangi epidemi AIDS.

Next Page: 1 | 2 |



 
Dari Society  
Menteri Agama: Dukungan Minimal 60 Orang Tidak Mutlak
Menteri Agama (Menag), M Maftuh Basyuni menegaskan, dukungan masyarakat setempat untuk mendirikan rumah ibadah paling sedikit 60 orang tidak bersifat mutlak. Bila jumlah dukungan itu tidak terpenuhi, ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Sunday, Apr. 30 2006 10:55:06AM PST
PII: Perber Tidak Beri Perubahan Signifikan Kerukunan Antar Umat
Hasyim Muzadi Kunjungi Tempat Ibadah Kristiani di Pasuruan
Italia Pindahkan Iklan Film 'Da Vinci Code'
Gereja Pantekosta Gunung Putri Hentikan Aktifitas
Int'l Prayer for Peace 2006 di Washington
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang