Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Afrika & Timur Tengah
Amerika
Asia-Pasifik
Eropa
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Teknologi
Editorial
Customer Service
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Europe  > General
 

Italia Pindahkan Iklan Film 'Da Vinci Code'

Thursday, Apr. 27, 2006 Posted: 9:42:31AM PST

ROME (AP) - Menteri Interior Italia menyatakan Selasa lalu bahwa mereka akan memindahkan sebuah poster yang mempromosikan film "The Da Vinci Code" dari rangka bangunan di sebuah gereja di Roma yang sedang menjalani renovasi setelah para imam mengeluh.

Poster besar, yang menampilkan gambar "Mona Lisa" dari Da Vinci dan judul dari film mendatang, dipajang selama beberapa minggu di gereja St. Pantaleo, berlokasi di dekat jalan utama yang merupakan pusat bersejarah dari kota Roma.

The Rev. Marco Fibbi, seorang juru bicara untuk Vikariat Roma, mengatakan bahwa poster itu "menyebabkan masalah."

"Film ini tidak bereputasi untuk secara khusus dihargai oleh lingkungan rohaniwan," kata Fibbi.

Para pejabat gereja telah berulang-ulang kali berbicara untuk menentang novel terlaris karangan Dan Brown dan film yang dibintangi Tom Hanks dan rencananya akan dirilis 19 Mei itu.

Kisah itu berpendapat bahwa Yesus menikahi Maria Magdalena dan mempunyai keturunan, dan bahwa Gereja Katolik dan Opus Dei, sebuah organisasi religius konservatif yang dekat dengan Vatikan, menutupi semuanya.

"Ini mengiklankan sesuatu yang menentang Kristus dan menentang Gereja," kata rektor St. Pantaleo, The Rev. Adolfo Garcia Duran, kepada Associated Press.

Kementerian Interior yang memiliki gereja dan memberikan kontrak renovasi kepada pihak luar, mengatakan bahwa poster itu akan dipindahkan dalam beberapa hari lagi. Para petugas yang berwenang menkonfirmasi bahwa Vikariat Roma telah meminta agar poster diturunkan melalui sebuah surat.

Memasang poster di rangka yang sedang dibangun rupanya merupakan tehnik iklan yang umum di Roma.

Opus Dei dan pejabat gereja lainnya telah berbicara untuk menentang novel tersebut. Tahun lalu, seorang kardinal Italia, Tarcisio Bertone, mendesak adanya pemboikotan terhadap novel tersebut.

Opus Dei - yang digambarkan sebagai sekte yang haus kekuasaan dan pembunuhan - menggambarkan "The Da Vinci Code" sebagai sebuah karya fantasi yang menawarkan citra yang cacat dari Gereja Katolik.

Dalam sebuah homili baru-baru ini, penginjil untuk rumah tangga kepausan, Rev. Raniero Cantalamessa, mencela profit besar dari teori-teori yang menyangkal pengajaran Katolik tentang Yesus.

Cantalamessa, seorang imam Franciscan, tidak menyebut nama "The Da Vinci Code," tapi dia jelas-jelas mengacu pada buku itu dan film mendatang.

"Tidak ada yang berhasil untuk menghentikan ombak spekulatif ini, yang malah akan mendaftarkan sebuah ledakan dengan semakin dekatnya peluncuran suatu film," kata penginjil itu.


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Copyright 2006 The Associated Press. All rights reserved. The information contained in the AP News report may not be published, broadcast, rewritten or redistributed without the prior written authority of The Associated Press.


Marta Falconi
Associated Press Writer

 
Dari Europe  
Pria Belanda Buat Replika Bahtera Nuh
SCHAGEN, Netherlands (AP) Beberapa orang berpikir dia gila. Istrinya juga tak bisa dikatakan senang. Akan tetapi seperti Nuh di Alkitab, pria Belanda bernama Johan Huibers terus maju dalam misinya: ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Sunday, Apr. 30 2006 10:55:06AM PST
PII: Perber Tidak Beri Perubahan Signifikan Kerukunan Antar Umat
Hasyim Muzadi Kunjungi Tempat Ibadah Kristiani di Pasuruan
Italia Pindahkan Iklan Film 'Da Vinci Code'
Gereja Pantekosta Gunung Putri Hentikan Aktifitas
Int'l Prayer for Peace 2006 di Washington
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang