Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Arsip
Ikatan /Seminari
Kawula Muda
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Education  > Theology
 

Pakar Ilmu Agama Jerman Bertemu dengan Para Pendeta di Sumut

Monday, Feb. 20, 2006 Posted: 9:54:33AM PST

Pakar bidang ilmu agama-agama di Fakultas Teologi Universitas Hamburg, Jerman Prof DR Olaf Schumann, mengadakan pertemuan dengan para pimpinan/dosen STT HKBP, pendeta HKBP Distrik V Sumatera Timur dan mahasiswa pasca sarjana serta pendeta-pendeta dari gereja-gereja di Mess STT HKBP Pematangsiantar, Jumat (17/2), Harian SIB memberitakan.

Dalam pertemuan tersebut, Schumann memberikan gambaran tentang mitra kehidupan kerjasama yang cukup baik antara penganut Kristen dan Muslim di Eropa khususnya dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan persaudaraan yang sejati.

Schumann menekankan kiranya setiap penganut agama dan tokoh-tokoh agama harus saling menghargai keberadaan sesamanya walaupun berbeda agama. Sebab hal itu merupakan salah satu cara demi mewujudkan kehidupan dunia yang aman dan damai. "Janganlah kita membuat sesuatu tindakan/perbuatan yang bisa menimbulkan penganut agama lain menjadi tersinggung," katanya, seperti diberitakan Harian SIB.

Menurut dia, sangat perlu dijalin kerjasama di antara agama yang ada di dunia ini untuk satu sehati menanggulangi gangguan terhadap kesatuan manusia di dunia dengan berusaha meminimalkan jurang di antara bangsa, etnis dan kultural. Karena itu, perlu dirajut suatu persekutuan di antara sesama dan bukan mengutamakan perbedaan.

Dalam pertemuan itu beberapa peserta menyampaikan pertanyaan antara lain Dr Ulrich (dosen tamu di STT HKBP P Siantar), Pdt Dr Binsar Nainggolan, Pdt Dr Darwin Lumbantobing, Pdt P Hutapea MTh, Pdt BT Simarmata MTh, Pdt Nelly Br Hutahaean, Pdt Dr Plasthon Simanjuntak.

Sedangkan Pdt M Hutasoit STh mengajukan pertanyaan menyangkut perlunya dialog antar umat beragama, tentang toleransi umat beragama khususnya di Jerman, serta pentingnya kehidupan bersama.



Nita Lee

 
Dari Education  
Trend Da Vinci Code Temui Minggu Suci
Sebagaimana umat Kristiani akan memasuki salah satu minggu terkudus dalam satu tahun, banyak yang dihadapkan dengan pertanyaan dan tantangan terhadap kebenaran pesan Injil yang paling diyakini saat ini.
... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Wednesday, Apr. 26 2006 8:22:38PM PST
Ketua PGI: Penutupan Tempat Ibadah karena Penafsiran Salah Kaprah
PDS Menolak Tudingan Gereja Terlibat Dalam Aksi di Papua
GMB & YCAB Akan Gelar Live Recording "The Best is yet To Come" di Senayan
Weinata Sairin: Perber Jangan Jadi Alat Untuk Rumah Ibadah Ditutup
Bahtera Tandakan Zaman di New Zealand
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang