Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu (Yoh 8 : 32). 
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Arsip
NGO
Kasus Pengadilan
Etika & Hak
Agama
Bangsa
Hidup
Kesehatan
Editorial
Customer Service
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Society  > Nation
 

WALHI: Bencana Situ Gintung Akibat Arogansi

Sunday, Mar. 29, 2009 Posted: 9:26:40AM PST


Suasana di depan kampus Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Jakarta. (Foto: Meilanie Nurul Huda/Pembaca/Detik.com)

Jakarta (28/3) - Bencana di kawasan Situ Gintung di Tangerang, Banten setidaknya telah menelan korban 21 orang meninggal dan 10 orang luka-luka berdasarkan data korban di RS Fatmawati yang dipantau oleh Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) hingga Jumat (27/3/2009) pukul 20.25 WIB. Sementara sumber lainnya menyebutkan sampai pukul 18.00 WIB, 38 orang meninggal dunia. Sumber lain menyebutkan 65 orang sudah meninggal dunia sampai dengan pukul 22.40 WIB.

Sedangkan data hingga menurut keterangan Ketua Posko Utama Bencana Situ Gintung UMJ, Rahmat Salam dalam jumpa pers di Fakultas Hukum UMJ, Sabtu (28/3/2009) menyebutkan "Hingga pukul 12.00 WIB jumlah korban tewas menjadi 64 orang.

Data tersebut merupakan hasil korban setelah ditambah dengan korban tewas yang ditemukan hari ini. Tim evakuasi telah berhasil menemukan 10 korban tewas sejak pagi hingga siang hari.

"Tadi pagi sempat 77 (korban tewas), tapi karena ada nama yang dobel, data kita perbaharui lagi," tambahnya.

Namun, lanjut Rahmat, korban tewas masih akan terus berlanjut, mengingat masih ada 102 orang dinyatakan hilang. "Evakuasi tidak akan berhenti sampai kita evaluasi terakhir," tandasnya.

Perbedaan data jumlah korban ini bukan hal yang baru ketika sebuah becana terjadi. Menurut WALHI dalam siaran pers-nya Sabtu lalu, hal itu sudah berlangsung lebih dari satu dekade. Hal ini menunjukkan bahwa pemerintah tak pernah belajar dan tidak pula melakukan upaya serius untuk melindungi hak-hak warga Negara. Upaya tanggap darurat bisa dilakukan dengan maksimal jika data korban tidak ada yang pasti.

Namun, bencana itu justru menjadi ajang kampanye gratis bagi para politisi dengan kedok solidaritas kemanusiaan, kata organisasi lingkungan itu.

Dalam pandangan WALHI yang disampaikan oleh Berry Nahdian Forqan selaku Direktur Eksekutif Nasional, bahwa bencana di Situ Gintung setidaknya disebabkan oleh beberapa hal. Pertama, tidak adanya upaya serius pemerintah (Gubernur Banten) dalam pemeliharaan (maintenance) Situ Gintung yang sudah dibangun sejak tahun 1932.

Pada bulan November 2008 bencana yang sama namun dalam skala yang lebih kecil sudah pernah terjadi dan sudah pula dilaporkan oleh masyarakat. Namun laporan tersebut tidak ditanggapi oleh pemerintah setempat. Sementara jika dilihat dari jumlah situ di Jabotabek yang berjumlah sekitar 193 situ, dengan luas keseluruhan 2.281,90 hektar. Lebih dari separuhnya (± 68%) dalam keadaan rusak. Dengan data ini saja seharusnya pemerintah sudah bisa berbuat banyak untuk menjamin keselamatan warga, tapi hal ini tak pernah dilakukan.

Kedua, alih fungsi kawasan situ menjadi kawasan perumahan, restoran, hotel, tempat pembuangan sampah dan kawasan bisnis lainnya yang terus terjadi tanpa mempertimbangkan daya dukung lingkungan dan faktor keselamatan rakyat (human security). Pemerintah juga telah mengakui hal ini lewat departemen PU pada tahun 2007 yang menyatakan bahwa telah terjadi alih fungsi kawasan situ. Dimana dari total luas situ di Jabodetabek sekitar 2.337,10 ha. Saat ini hanya tinggal 1.462,78 ha saja. Dari jumlah tersebut, hanya 19 situ yang kondisinya baik.

Next Page: 1 | 2 |


Rosa H.
Reporter Kristiani Pos

 
Dari Society  
Presiden SBY Tak Mau Terima Grasi Ali Imron
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menolak grasi terpidana kasus Bom Bali I Ali Imron. Dengan tidak dikabulkannya grasi itu, Ali Imron tetap diganjar seumur hidup. Kepastian penolakan grasi ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Wednesday, Apr. 01 2009 4:24:18PM PST
Pemilu 9 April 2009 Minus Larantuka dan Lambata
Pemerhati: Perundang-Undangan Bisa Mengancam Pluralisme Indonesia
PDS Imbau Umat Kristiani Sukseskan Pemilu 2009
Warga Antusias Sambut Baksos Jalinan Kasih RCTI & Gereja
WALHI: Bencana Situ Gintung Akibat Arogansi [Photo]
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Cabut SKB No.1/1969
Partners |
9 www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/--- http://http://rudiplomisty.com/-- http://rudiplomis.com/-- www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/-- www.ru-diplomirovan.com 9