Jika ya, hendaklah kamu katakan: ya, jika tidak, hendaklah kamu katakan: tidak (Mat 5 : 37).
Search
Arsip Berita
Web
 
Advanced Search
Enhanced by
Home
Arsip
Dunia
Gereja
Arsip
Denominasi
Okumene
Umum
Ministri
Misi
Pendidikan
Budaya
Masyarakat
Hidup
Editorial
Customer Service
Media Kit
Bookmark
Interaktif
Hubungi Kami
Kristiani Pos
Tentang Kami
Syarat dan Kondisi
Administrasi
 
 
Home > Church  > General
 

Dualisme Harus Dihindari, kata Pemimpin Gereja

Thursday, Jul. 7, 2005 Posted: 9:23:46AM PST

Sikap dualisme terdapat dalam warga gereja saat ini, dimana hanya mau melakukan hal baik di lingkup wilayah ibadah namun di luar itu dapat melakukan apa saja sekali pun itu dilarang agama. Sekretaris Umum (Sekum) BPS GMIM, Pdt Decky Lolowang MTh mengkritik persoalan ini dengan mengatakan bahwa kehidupan kekristenan warga gereja saat ini hanya terpaku pada kegiatan rutinitas. Harian Komentar memberitakan.

Menyikapi hal ini, Ketua Umum Pucuk Pimpinan KGPM, Gembala Teddy Batasina STh, juga mengatakan bahwa kondisi ini memang sedang melanda kehidupan warga gereja. Padahal, sebagai warga gereja yang mengaku diri sebagai pengikut Kristus, dituntut untuk memiliki sikap yang tidak mendua hati.

"Hakikat panggilan kehidupan kita sebagai orang Kristen adalah memberikan prioritas pada kekudusan. Dan ini berlaku secara menyeluruh tanpa membedakan wilayah rohani dan sekuler. Jadi keduanya harus sejalan," kata Batasina.

Sementara itu, salah satu Ketua Persatuan Gereja Pentakosta Indonesia (PGPI) Sulut, Pdt Honny Supit Sirapanji menyatakan, sikap dualisme ini memang sudah bukan rahasia lagi. Bahkan dalam Firman Tuhan yang terdapat dalam Lukas 15:1132 tentang perumpamaan anak yang hilang dengan gamblang dijelaskan. Di mana ketika anak bungsu yang terhilang datang untuk bertobat, namun anak sulung yang hidup berkelimpahan dengan bapanya malah memprotes.

Untuk menghindarkan sikap dualisme ini, sebagai orang Kristen perlu memproteksi diri dengan Firman Tuhan, kata Honny. "Sebab, jika kita tidak sadar diri, maka kita akan tergilas oleh arus kehidupan dunia ini," tukasnya seraya menambahkan bahwa jaminan kekristenan adalah menjadi pelaku Firman Tuhan.




Sandra Pasaribu

 
Dari Church  
Umat Kristiani Orthodox di Seluruh Dunia Rayakan Paskah
ISTANBUL (AP) Umat Kristiani Orthodox di seluruh dunia merayakan Minggu Paskah, bersembahyang di kebaktian-kebaktian yang diwarnai penyalaan lilin mulai dari Rusia sampai Ethiopia sebelum merayakannya ...... | more
E-mail
Print-friendly version
Headlines Hari ini
  Thursday, Apr. 27 2006 8:32:01AM PST
Ketua PGI: Penutupan Tempat Ibadah karena Penafsiran Salah Kaprah
PDS Menolak Tudingan Gereja Terlibat Dalam Aksi di Papua
GMB & YCAB Akan Gelar Live Recording "The Best is yet To Come" di Senayan
Weinata Sairin: Perber Jangan Jadi Alat Untuk Rumah Ibadah Ditutup
Bahtera Tandakan Zaman di New Zealand
Terpopuler
Terjadinya Penganiayaan Anak Kecil di Gereja Pondok Daud Dibantah
Sidney Mohede:Belajar dari Billy Graham
Penembokan Sekolah Sang Timur
Gus Dur Meminta Walikota Tangerang Memberikan Izin Membangun Gereja
Pelayan Lintas Waktu dan Ruang