Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Dewan Gereja Dunia Usulkan Konferensi Misi dan Penginjilan Sedunia


Posted: Jan. 30, 2009 01:45:57 WIB

Sebuah konferesi misi Kristiani dijadwalkan akan diselenggarakan pada akhir 2011 oleh Dewan Gereja Dunia.

Komisi World Mission dan Evangelism (CWME) – terdiri dari delegasi gereja-gereja anggota WCC seperti Gereja Katolik Roma dan beberapa diantaranya berasal dari luar anggota badan Kristiani-merekomendasikan agar konferensi misi dan penginjilan dunia berikutnya diadakan selama periode dimana tubuh ekumene akan merayakan beberapa persitiwa penting.

Selama diskusi, kelompok tersebut juga akan merayakan hari ulang tahun keseratus Konferensi Misionaris di Edinburgh 1910 – yang dianggap oleh banyak pihak menjadi titik awal gerakan ekumene modern – pada Juni 2010 di Edinburgh, Skotlandia.

Oleh karena itu, konferensi misi pada akhir 2011 mendatang akan berusaha menghindari diversi kekuatan dan perhatian guna terlaksanannya acara perayaan ulang tahun keseratus,” sehingga kami dapat merencanakan apa yang akan kami pelajari pada 2010 nantinya dan memasukkannya pada agenda ekumene pada masa mendatang,”ujar Nayiri Baljian, seorang wakil Ortodoks Armenia CWME yang adalah Dewan Umum “Acara Edinburgh 2010”, berdasarkan laporan WCC.

Ditambahkan pula, bahwa konferensi misi pada 2011mendatang juga dinilai sangat strategis untuk tujuan diskusi yang mana juga menandai berakhirnya program WCC tentang “Dekade Penyelesaian Kekacauan” (2001-2010) dengan digelarnya pertemuan perdamaian ekumene internasional pada musim semi 2011 mendatang. Sebuah konferensi misi lainnya juga akan diadakan guna memberikan tempat bagi pembicaraan topik-topik yang masih berkaitan.

Melihat ke masa depan, Pertemuan Kesepuluh Dewan Dunia Gereja kemungkinan akan diselenggarakan pada 2013. Perwakilan CWME mencatat bahwa konferensi misi pada 2011 merupakan akhir dari agenda misi dan penginjilan ekumene yang mana hal tersebut dapat dirangkum menjadi dasar hukum bagi pertemuan Assembly 2013 berikutnya.

Perayaan hari jadi ke-50 CWME yang akan jatuh pada 2011, juga merupakan salah satu alasan untuk menggelar konferensi pada tahun tersebut.

Usulan CWME mengenai diselenggarakannya konferensi pada 2011masih menunggu tindak lanjut dari komite WCC pusat yang memiliki wewenang untuk memutuskan jadwal acara.

Komisi WCC yang bergerak di bidang misi dan penginjilan terbentuk melalui suatu merger antara Dewan Misionaris Internasional (terbentuk mengikuti Edinburg 1910) dan WCC pada 1961.

Konferensi misi dunia terakhir diadakan di Athena, Yunani pada 2005.

Next Story : Lewat Natal Mengajak Manusia untuk Mencintai Alam dan Sesama

More news in church

Uskup Agung Apresiasi Perayaan Natal Berlangsung Damai

JAKARTA - Tema Natal "Bertumbuh Menjadi Pembawa Damai", dinilai Uskup Agung Jakarta, Julius Kardinal Darmaatmadja tepat untuk melahirkan sikap dan perilaku yang baik kepada semua orang, apapun agama dan bangsanya. ...

Terpopuler

Headlines Hari ini