Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Pameran Gulungan Laut Mati Dibuka di Singapura

Edmond Chua
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Aug. 28, 2009 16:16:21 WIB

"Gulungan Holocaust" dipajang di pameran Gulungan Laut Mati yang diadakan di The Arts House, Singapura. (Foto: CP Singapore)

Sebuah pameran bersejarah menampilkan Gulungan Laut Mati (Dead Sea Scrolls) dibuka Rabu di The Arts House di Singapura. Ini pertama kalinya Gulungan, yang disebut sebagai penemuan arkeologi paling penting dalam sejarah manusia itu, ditampilkan di Asia.

Selain Gulungan, artefak antik yang melengkapi - seawal 5.000 tahun sebelumnya - dan berbagai tahapan penting selama pengembangan tulisan juga ditampilkan. Dibagi menjadi tiga segmen, pameran mengajak pengunjung ke pra-sejarah modern dimana simbol digunakan, sampai ke era transmisi pencetakan naskah ke transmisi elektronik.

Fitur acara menampilkan tablet dari garis hidup Abraham, menunjukkan bagaimana orang dulu berhitung dan menyampaikan informasi lainnya dengan bahasa simbol yang terbatas.

Tiga dari empat fragmen yang ditampilkan adalah fragmen biblikal terawal, sekitar 100 SM. Gulungan Laut Mati, sepertiganya adalah Perjanjian Lama, adalah bukti ketepatan yang luar biasa dimana Alkitab telah dicetak berulangkali selama berabad-abad sejarah manusia.

Alkitab antik dalam bahasa Yunani, Ibrani dan Inggris dari abad ke-15 dan 16 juga ditampilkan. Selain itu ada Kitab Gutenberg 1455 asli, buku pertama dan yang paling berharga yang pernah dicetak, dan terobosan Perjanjian Baru Erasmus dalam bahasa Yunani dan Latin, terjemahan Yunani Perjanjian Baru pertama, sebuah terjemahan Latin yang penting, dan sumber teks yang digunakan oleh Reformator Protestan Martin Luther.

Sorotan lain adalah Alkitab Reformasi Martin Luther dalam bahasa Jerman, edisi pertama Alkitab Jenewa, Alkitab pertama yang dicetak dalam bahasa Inggris dan edisi pertama, cetakan pertama Alkitab King James.

Pameran itu juga menampilkan buku-buku langka dan Gulungan reformator John Calvin, Martin Luther, William Tyndale, dan John Wycliffe.

"Gulungan Holocaust" yang berusia 430 tahun juga ditampilkan pertama kali untuk pameran tersebut, menurut Dr Joel Lampe.

Kurator Museum Alkitab berharap pameran itu, yang tidak seperti biasanya mencakup berbagai kerangka waktu, akan mendorong orang untuk "mengeksplorasi hal-hal yang mereka tidak pernah pikirkan."

Bagu Dr Lampe, 110 artefak yang ada mengkonfirmasi bahwa satu hal akan pernah berubah, dan akan selalu dapat dipercaya: Tuhan.

"Begitu banyak yang akan Anda lihat adalah Dia," katanya, pada acara pembukaan.

"Ini adalah kisah-Nya," katanya.

Gulungan Laut Mati, eksis dalam fragmen dan tidak dalam satu gulungan dan harus direkonstruksi oleh tes DNA untuk mencocokkan potongan-potongan fragmen kulit binatang. Proses yang sangat menegangkan dan melelahkan dilakukan akademisi di Yerusalem dan tempat lain lebih dari 60 tahun untuk benar-benar menyimpulkan lebih dari 20.000 potongan dari 800 gulungan lebih.

Fragmen-fragmen itu dibeli dari kolektor pribadi. 100 fragmen lain masih di tangan pribadi; sehingga sebagian upaya adalah berusaha menemukan, membeli dan mengembalikan fragmen-fragmen ini ke dalam domain publik.

Panitia memperkirakan pameran tersebut akan dihadiri 50.000 orang. Pameran terbuka untuk umum dan akan berlangsung sampai tanggal 20 September.

Next Story : Imam Pertaruhkan Hidup Bagi Umat Kristen Tanpa Gereja di Mesir

More news in africa

Kristiani Kenya Tolak Pengadilan Islamiah Masuk Dalam Konstitusi

Kristiani di Kenya mengatakan bahwa memasukkan pengadilan Islamiah ‘Kadhis’ ke dalam konstitusi yang baru bertentangan dengan prinsip sistem hukum negara yang menekankan pemisahan antara Negara dan agama. Komite Ahli Peninjau ...

Terpopuler

Headlines Hari ini

Купить аттестат 9 классов Купить диплом Новосибирск Купить диплом Омск Купить диплом фельдшера Купить диплом кандидата наук купить диплом в москве www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/диплом-с-реестром-купить http://http://rudiplomisty.com/купить-диплом-омск http://rudiplomis.com/купить-диплом-омск www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/купить-диплом-воронеж www.ru-diplomirovan.com Купить аттестат 9 классов Купить диплом в СПБ Купить диплом кандидата наук Купить свидетельство о разводе Купить диплом Казань Купить диплом Воронеж Купить диплом Томск купить диплом о среднем образовании Купить диплом Москва Купить диплом Омск Купить диплом техникума Купить диплом для иностранцев Купить диплом Москва diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html купить диплом строителя купить диплом ссср ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/купить-диплом-санкт-петербург www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/диплом-с-реестром-купить http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode Купить диплом в Омске Купить диплом строителя Купить диплом в Новосибирске Купить аттестат за 11 классов Купить диплом техникума Купить диплом в Воронеже