Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

GKI Taman Yasmin Minta Perlindungan Pemerintah

Yohanes K.
Reporter Kristiani Pos

Posted: Aug. 30, 2010 12:34:42 WIB
gki-taman-yasmin-minta-perlindungan-pemerintah

Jemaat Gereja Kristen Indonesia beribadah di trotoar di depan bangunan gerejanya yang disegel di kawasan Taman Yasmin, Jalan Pengadilan, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/7). IMB Gedung GKI Taman Yasmin dicabut oleh Pemkot Bogor dan lokasi bangunan disegel oleh Satpol PP. Kota Bogor. (Foto: Alex Suban/ Suara Pembaruan)

Gereja Kristen Indonesia (GKI) Bogor meminta perlindungan pemerintah kota setempat terhadap bangunan gereja dan jemaah yang melakukan ibadah di dalamnya pascapembukaan gembok dan segel gereja.

"Seiring apresiasi kami kepada Pemerintah Kota Bogor atas eksekusi pembukaan segel gereja Jumat (27/8), kami meminta agar pemkot dan jajaran terkait tetap melindungi bangunan gereja GKI Jl. KH Abdullah Bin Nuh No. 31, Taman Yasmin Bogor dan menjamin keselamatan jemaah yang beribadah di dalamnya," kata Ketua Majelis GKI Taman Yasmin Bogor Pendeta Ujang Tanusaputra di Bogor, Sabtu.

Ia mengemukakan, pihaknya masih merasakan adanya ancaman dari sekelompok masyarakat terhadap bangunan gereja dan kebebasan beribadah di dalam gereja itu meski Pemerintah Kota Bogor secara resmi telah membuka gembok gereja dan tanda segel di gedung itu.

Pendeta Ujang mengatakan, setelah melalui serangkaian proses, Pemkot Bogor dan GKI Bogor mencapai kesepakatan untuk memelihara kerukunan umat beragama di wilayah Kota Bogor.

Karena itu pada hari Jumat (27/8), Pemkot Bogor secara resmi membuka gembok dan tanda segel di tembok gedung GKI Bakal Pos Taman Yasmin Bogor yang dilakukan oleh Satuan Polisi Pamong Praja setempat.

Hal ini diperkuat dengan penyerahan berita acara pembukaan segel bangunan Nomor 645.8/27-Sat.Pol.PP./VIII/2010.

Dalam berita acara tersebut tertera alasan pembukaan segel yakni; `karena bangunan GKI tersebut telah memenuhi kewajibannya dengan mengantongi IMB Nomor 645.8-372 Tahun 2006 dan telah berkekuatan hukum tetap sesuai putusan Pengadilan Tata Usaha Negara Bandung Nomor 41/G/2008/PTUN-BDG perihal Pembatalan Surat Kepala Dinas Tata Kota dan Pertamanan Kota Bogor Nomor 503/208-DTKP tanggal 14 Februari 2008 tentang Pembekuan Izin.`

Namun, menurut Pendeta Ujang, tindakan bijaksana Pemkot Bogor itu dinodai dengan adanya spanduk yang tiba-tiba terpasang di gerbang gereja pada Sabtu (28/8) yang menyatakan bahwa `gereja disegel kembali` oleh sekelompok orang yang tidak beridentitas jelas yang mengatasnamakan warga sekitar.

Gerbang gereja digembok kembali oleh kelompok tersebut dengan menggunakan satu buah gembok dan satu buah rantai besi yang dikunci dengan dua buah gembok lainnya.

Menyadari bahwa segel gereja sudah dibuka secara resmi dengan prosedur resmi oleh instansi resmi yakni Pemerintah Kota Bogor, maka pihak gereja menganggap segel, rantai dan gembok-gembok yang muncul kemudian adalah liar dan melanggar hukum.

Dengan demikian pihak gereja memutuskan untuk menurunkan spanduk dan membuka gembok dan rantai liar tersebut.

Menyadari hak konstitusional warga negara untuk melakukan ibadah sesuai dengan agama dan keyakinan yang dimiliki di rumah ibadahnya masing-masing, maka jemaat GKI Bogor menjadwalkan akan mengadakan ibadah Minggu dua mingguan seperti yang selama ini dilakukan.

"Ibadah tersebut akan dilangsungkan pada Minggu 5 September 2010 di lokasi gereja Taman Yasmin tepat pukul 08.00 WIB. Kami berharap Pemerintah Kota Bogor dan seluruh aparat yang terkait dapat terus memastikan tegaknya UUD 1945, Pancasila dan semboyan nasional Bhinneka Tunggal Ika di wilayah Kota Bogor bagi seluruh warga Kota Bogor," katanya.

Sumber: Antara

Next Story : Keuskupan Sibolga Keluar dari BKAG Tapteng, 13 Pendeta Gereja Berbeda Dukung

Terpopuler

Headlines Hari ini

Купить аттестат 9 классов Купить диплом Новосибирск Купить диплом Омск Купить диплом фельдшера Купить диплом кандидата наук купить диплом в москве www.rudiplomirovany.com www.rudiplomirovans.com http://rudiplomirovana.com/диплом-с-реестром-купить http://http://rudiplomisty.com/купить-диплом-омск http://rudiplomis.com/купить-диплом-омск www.rudiplomista.com diploman-doci.com rudiplomista24.com www.rudiplomis24.com www.rudiplomirovan.com http://http://ru-diplomirovanie.com/купить-диплом-воронеж www.ru-diplomirovan.com Купить аттестат 9 классов Купить диплом в СПБ Купить диплом кандидата наук Купить свидетельство о разводе Купить диплом Казань Купить диплом Воронеж Купить диплом Томск купить диплом о среднем образовании Купить диплом Москва Купить диплом Омск Купить диплом техникума Купить диплом для иностранцев Купить диплом Москва diploman-doci.com http://https://lands-diplomy.com/specialnosti/stomatolog.html купить диплом строителя купить диплом ссср ru-diplomirovans.com www.ru-diplomirovana.com https://ru-diplomirovany.com/купить-диплом-санкт-петербург www.ru-diplomirovanay.com https://ru-diplomirovannie.com/диплом-с-реестром-купить http://https://gosznac-diplomy.com/kupit-diplom-v-nizhnem-novgorode Купить диплом в Омске Купить диплом строителя Купить диплом в Новосибирске Купить аттестат за 11 классов Купить диплом техникума Купить диплом в Воронеже http://http://diplomsagroups.com/diplomy-po-specialnosti/diplom-medicinskij.html купить диплом в уфе