HOME Culture Films
: : VIEW PAGE

Film mengenai Indonesia Memenangkan Penghargaan Festival Film IDFA

Membidik Konflik Antara Kristiani dan Muslim di Indonesia

Monday, Nov. 29, 2004 Posted: 11:13:29AM PST

Sebuah film mengenai dampak dari situasi sosial dan politik Indonesia yang mempengaruhi sebuah keluarga telah memenangkan penghargaan tinggi di festival documenter Amsterdam IDFA.

Penghargaan Joris Ivens untuk film documenter terbaik dimenangkan oleh film The Shape of the Moon (Bentuk dari Bulan) sebuah film yang disutradarai oleh sutradara Belanda Leonard Retel Helmrich.

Didalam film itu, Helmrich menunjukkan bagaimana peristiwa-peristiwa dunia bercampur dalam sejarah keluarga seorang janda Rumidjah, saat anaknya Bakti masuk Islam dan itu menyebabkan konflik dengan ibunya yang Kristiani.

Film itu menunjukkan kehidupan keluarga tetapi melalui bidikan-bidikan dari kota Jakarta, kehidupan sehari-hari, demonstrasi mahasiswa dan juga Muslim fundamantalis, memberikan sekilas gambaran mengenai situasi umum di Indonesia yang telah mengalami begitu banyak konflik antara Muslim dan Kristiani.

Festival Film Dokumenter Internasional Amsterdam (International Documentary Film festival Amsterdam -IDFA) adalah salah satu festival dokumenter terbesar didunia dengan terjualnya tiket sebanyak 120.000 pada tahun ini dan dihadiri oleh sekitar professional dari industri film.
>


Shinta Marthawati
shinta@christianpost.co.id