GMKI Desak Pemerintah Tetapkan Status Bencana Nasional

Sign Up for Free eNewsletter ››
  • ((Foto: lensaindonesia.com))
    Aktivitas Gunung Sinabung masih di dominasi letusan yang diikuti oleh awan panas.
1/1
By Rosalya, Christian Post Reporter
February 04, 2014| 08:41 pm

Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI) mendesak pemerintah untuk segera menetapkan status letusan Gunung Sinabung sebagai bencana nasional tanpa harus menunggu korban lebih banyak.

Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) GMKI Supriadi Narno mengatakan, Selasa (4/2), di Kantor Moderamen GBKP Kabanjahe, Kabupaten Karo, meski dilanda duka atas tewasnya ketujuh relawan akibat awan panas gunung Sinabung, pihaknya tetap berkomitmen untuk membantu para korban di pengungsian.

Follow us Get CP eNewsletter ››

Menurutnya, pemerintah pusat diharapkan dapat menetapkan status bencana nasional agar bisa segera memusatkan perhatian kepada para korban pengungsi dan dengan serius karena ekonomi rakyat lumpuh dan sudah lebih dari empat bulan.

Sementara itu, menurut Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memastikan bahwa status Sinabung bukanlah bencana nasional tetapi tanggap darurat seperti yang ditetapkan oleh Bupati Karo. Meski sudah empat kali diperbarui sejak September 2013, status Sinabung tetap tanggap darurat perihal pemerintah tidak membedakan perlakukan bencana lokal maupun nasional.

 
Advertisement
comments powered by Disqus