Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

PGI Serukan Doa bagi Perdamaian Timur Tengah & Pergumulan Bangsa di Tengah Bencana


Posted: Aug. 08, 2006 03:14:01 WIB

Majelis Pekerja Harian Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) baru-baru ini mengeluarkan 'Surat Penggembalaan' yang menyerukan kepada seluruh umat Kristiani untuk berdoa bagi perdamaian di Timur Tengah dan pergumulan bangsa Indonesia di tengah-tengah bencana alam yang terus melanda negeri ini.

Dalam pernyataan yang ditandatangani Ketua Umum Pdt Dr Andreas Yewangoe dan Sekretaris Umum Dr Richard Daulay pada 3 Agustus itu, PGI menyatakan keprihatinannya akan situasi yang kian memanas yang terjadi di Timur Tengah.

"Agresi militer Israel di Libanon semakin kejam sehingga menyebabkan jatuhnya korban ratusan rakyat sipil yang tewas dan luka-luka terutama anak-anak dan perempuan serta memporakporandakan sebagian negara Lebanon," pertanyaan itu berbunyi.

"Di pihak lain, kekuatan milisi Hezbollah yang menjadi sasaran keganasan militer Israel semakin menunjukkan perlawanan sehingga aksi balas dendam tidak terhindarkan. Serangan bom, teroris, dan perang terus berkecamuk di kawasan itu. Masyarakat hidup di tengah-tengah ancaman, peperangan, dan tidak aman.

"Sementara itu, situasi di dalam negeri Indonesia belakangan ini juga tidak kalah memprihatinkan. Sebagian masyarakat Indonesia mengalami bencana demi bencana yang menelan korban tewas, luka-luka, dan harta benda. Peristiwa ini turut mempengaruhi kondisi keuangan negara yang terus menipis untuk membiayai rehabilitasi dan rekonstruksi bagi para korban bencana dan wilayah yang terkena bencana."

Mereka mengajak umat Kristiani berdoa. Yang pertama khususnya berdoa untuk perdamaian di Timur Tengah.

"Sebagai bagian dari umat manusia di dunia kita terpanggil untuk mendoakan saudara-saudara kita yang kini menjadi korban peperangan. Selain itu, kita mendoakan agar masing-masing pihak yang bertikai dapat melakukan upaya-upaya perdamaian dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bisa bersikap arif dan tegas untuk membawa masalah ini ke perundingan damai.

"Marilah kita mendoakan agar tragedi kemanusiaan di Timur Tengah segera diakhiri dan masyarakat di Timur Tengah dapat hidup berdampingan dengan damai dan saling menghargai," kata MPH PGI.

Yang kedua, umat Kristiani diminta untuk berdoa bagi bangsa, negara, dan pemerintah Indonesia agar tabah menghadapi permasalahan bencana akhir-akhir ini, dimana berdoa "agar pemerintah dan lembaga-lembaga negara terkait menemukan jalan keluar untuk mengatasi permasalahan bangsa ini."

Mengutip Yohanes 11:22: "Tetapi sekarangpun aku tahu, bahwa Allah akan memberikan kepadaMu segala sesuatu yang engkau minta kepadaNya," MPH PGI memohon kepada Tuhan Tuhan Yang Maha Kuasa memampukan jemaatNya untuk tekun berdoa dan mencari solusi dalam mengatasi berbagai permasalahan.

Next Story : Mesir Keluarkan Keputusan Melarang Diskriminasi

More news in gereja

Pembangunan Gereja di Cirebon Diprotes Warga

Ratusan warga di Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menolak pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pekiringan dan kegiatan kebaktian yang dilaksanakan jemaat di gereja tersebut, Minggu.

Terpopuler

Headlines Hari ini