Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Pendeta Iran Berpegang Teguh dalam Iman Hadapi Hukuman Mati

Ethan Cole
Koresponden Kristiani Pos

Posted: Sep. 29, 2011 13:58:08 WIB
pendeta-iran-berpegang-teguh-dalam-iman-hadapi-hukuman-mati

(Photo: Pendeta Youcef Nadarkhani dari Gereja denominasi di Iran. ACLJ)

Pendeta Yousef Nadarkhani menolak untuk meninggalkan iman Kristennya, Rabu (28/9), dalam sidang pengadilan keempat dan terakhir di Iran untuk mengajukan banding hukuman mati karena murtad (meninggalkan Islam).

Pengadilan di Rasht, 243 kilometer (151 mil) barat laut Teheran, telah dikerumuni oleh pasukan keamanan selama empat hari berturut-turut sejak Minggu (25/9), hari pertama dari empat sidang banding. Menerapkan syariah (hukum Islam), pengadilan pada hari Senin, Selasa dan Rabu memberikan Nadarkhani, 35, tiga kesempatan untuk menarik kembali Kekristenan dan kembali ke Islam agar dia tetap hidup. Dalam semua kasus, Nadarkhani menolak untuk menarik kembali.

"Saya di kontak dengan Iran," kata seorang sumber yang dekat dengan keluarga Nadarkhani itu, "tapi beritanya tidak terlalu baik. Kita akan lihat. Jika mereka benar-benar ingin, mereka dapat membunuhnya, karena dia tidak meninggalkan imannya. Sudah selesai hari ini. Kami telah menyerahkan segala sesuatu di tangan Allah."

Pihak berwenang di Rasht, kota dimana Nadarkhani ditangkap di rumahnya, pada Oktober 2009 karena konon dia mempertanyakan pelajaran agama diwajibkan di sekolah Iran. Pada bulan September 2010 pengadilan di Rasht banding karena menemukannya bersalah karena murtad dan pada bulan November mengeluarkan konfirmasi tertulis dari tuduhan dan hukuman mati.

Pada sidang banding pada bulan Juni, Mahkamah Agung Iran menguatkan hukuman Nadarkhani, tetapi meminta pengadilan di Rasht untuk menentukan apakah dia adalah seorang Muslim sebelum pertobatannya. Mahkamah Agung juga menentukan bahwa hukuman mati bisa dibatalkan jika dia menarik kembali imannya.

Dalam dua setengah jam pertama pengadilan, Minggu (25/9), hakim memutuskan bahwa Nadarkhani memang tidak seorang Muslim sebelum konversi ke Kristen. Sumber tersebut mengatakan bahwa pada saat ini hal-hal itu yang nampak lebih menjanjikan untuk Nadarkhani, dan bahwa pengadilan mungkin membalikkan kalimat berdasarkan temuan.

Pada akhirnya, bagaimanapun, pengadilan menyatakan bahwa meskipun Nadarkhani bukanlah seorang yang menjalankan Muslim sebelum pertobatannya, dia masih bersalah menjadi murtad karena keturunannya Muslim, kata sumber kepada Compass Direct News.

Agen dinas rahasia mengelilingi pengadilan dan mempertahankan kehadiran disana sepanjang hari berikutnya, dan istrinya, Tina, tidak diizinkan ke dalam ruang sidang. Pada hari Minggu (25/9), Tina diizinkan berdiri di pintu selama beberapa menit untuk melihat suaminya, kata sumber itu.

Seorang pengacara Pertahanan mengatakan kepada keluarga dan teman-teman Nadarkhani bahwa ada cara untuk mengambil kasus ini kembali ke Mahkamah Agung atau memperpanjang hukuman penjara Nadarkhani, tapi sumber mengatakan arahan dari Mahkamah Agung sudah jelas dan dia tidak berpikir bahwa ada banyak harapan.

"Yousef dikenal sebagai pahlawan, jadi jika dia dibebaskan itu akan tampak seperti pemerintah dikalahkan," katanya, "tetapi jika mereka meninggalkan dia di penjara mungkin ada lebih banyak tekanan Internasional."

Hal ini penting bagi pemerintah asing untuk bernegosiasi dan melakukan diplomasi dengan otoritas Iran tentang kasus Nadarkhani itu, kata sumber itu, menambahkan bahwa kesulitannya bisa lebih memberi harapan jika mereka ikut campur.

"Mereka perlu mulai melakukan negosiasi," kata sumber itu. "Ini momen untuk bernegosiasi, karena jika mereka melakukannya, maka situasi bisa diatur."

Sumber dan pendukung masyarakat internasional dalam ketakutan bahwa pemerintah dapat membunuh Nadarkhani pada tengah malam atau kapan saja pada pekan mendatang. Pengadilan mengatakan vonis pada Nadarkhani akan dikeluarkan dalam pekan depan.

"Mereka mungkin tidak akan membunuhnya hari ini, tetapi mereka dapat melakukannya kapan pun mereka mau," kata sumber itu. "Mereka dapat menggantung dia di tengah malam atau dalam 10 hari. Kadang-kadang di Iran mereka hubungi keluarga dan memberikan mayatnya atas putusan hakim. Mereka telah jauh di luar batas hukum. Hal ini tidak ada dalam hukum Iran, ini adalah syariah. Kadang-kadang mereka bahkan tidak memberikan mayatnya."

Permohonan audiensi berlangsung sekitar satu setengah jam, berakhir sekitar pukul 01:00 siang waktu setempat setelah pengacara Nadarkhani, Mohammad Ali Dadkhah, memberikan pembelaan terakhirnya. Dadkhah juga dilaporkan menghadapi tuduhan melakukan "tindakan dan propaganda melawan rezim Islam," karena kegiatan HAM yang dilakukannya.

Persidangan pada Senin (26/9) dan kemarin berlangsung hanya 30 menit, cukup lama bagi Nadarkhani untuk menolak menarik kembali Kekristenannya.

Sumber itu mengatakan istri Nadarkhani, 30, sangat memprihatinkan tentang apa yang pengadilan putuskan minggu ini. Mereka memiliki dua anak: Joel, 7 dan Daniel, 9.

"Istrinya berada di bawah depresi dan cemas; kita dapat mengatakan istrinya sangat khawatir," katanya. "Sulit bagi semua keluarganya, sulit bagi kami."

Nadarkhani, yang pertama namanya juga dieja Youcef, merupakan anggota Gereja Iran, sebuah kelompok yang telah terpinggirkan oleh kelompok-kelompok Kristen Iran atas kekhawatiran bahwa doktrin Tritunggal tidak memadai.

Pernyataan Iman Gereja Iran di situsnya http://www.eglisediran.org/?page_id=8 menegaskan bahwa Allah "dinyatakan dalam Alkitab sebagai Bapa, Anak dan Roh Kudus (Matius 3:16-17, 28: 19)."

Pernyataan Iman gereja juga menegaskan "... pada ketuhanan Yesus Kristus, Anak Tunggal Allah, Firman dimanifestasikan dalam daging. Kami percaya bahwa Dia adalah dari Roh Kudus (Mat. 1:20) dan Dia lahir dari Perawan Maria (Matius 1:23, Lukas 1:34). Kami percaya dalam kematian penebusan-Nya dan penebusan (Ibrani 9:28), dalam tubuh kebangkitan-Nya (Lukas 24:39), dalam kenaikan-Nya (Kis 1:9-11), pada kedatangan-Nya secara pribadi untuk mengumpulkan Gereja-Nya (1 Tesalonika 4:17), diikuti oleh kedatangan-Nya dengan kemuliaan untuk menghakimi para pemberontak dan membangun pemerintahan seribu tahun (Wahyu 1:7)."

Gereja juga menyatakan bahwa dia percaya baptisan "Roh Kudus (Matius 3:11, Markus 1:8, Lukas 3:16, Yohanes 1:33, Kisah Para Rasul 1:5, 2:38) adalah kelahiran baru (Yohanes 3:5-8). Hal ini memperkenalkan orang Kristen dalam Kehidupan Kekal Allah dan memimpin ke dalam seluruh kebenaran, kepada kekudusan dalam persekutuan dengan Kristus."

Next Story : Pendeta Iran Tetap Dihukum Mati, Minta Doa

Terpopuler

Headlines Hari ini