Hot Topics » Pakistan Swat valley Sri Lanka conflict Abortion Barack Obama India Lausanne Movement

Lukisan Bunda Maria Kembali ke Moskow


Posted: Jun. 29, 2004 09:22:21 WIB
lukisan-bunda-maria-kembali-ke-moskow

Moskow (liputan6.com) -- Lukisan Bunda Maria di Biara Tikhvin di Rusia. 28/6/2004 08:53 - Ikon lukisan Bunda Maria yang telah puluhan tahun berada di AS kembali ke pemiliknya yakni Biara Tikhvin di Rusia. Kedatangan lukisan yang dianggap sakral itu disambut puluhan ribu warga Kota Moskow.

Moskow: Puluhan ribu warga Rusia beragama Kristen Ortodoks memenuhi jalan antara tembok Kremlin sampai Lapangan Merah, Moskow, Ahad (27/6). Mereka sengaja berkumpul untuk menghormati kembalinya ikon lukisan Bunda Maria ke Rusia setelah puluhan tahun berada di Amerika Serikat. Rencananya, lukisan yang dipercayai dibuat oleh Rasul Santo Lukas itu akan dikirimkan ke St. Petersburg sebelum kembali ke Biara Tikhvin.

Perjalanan lukisan tersebut dimulai ketika menghilang di Konstantinopel sekitar Abad ke-14. Tapi, beberapa tahun kemudian lukisan tersebut ditemukan kembali di Biara Tikhvin pada 1383. Cuma, lukisan kembali menghilang setelah Biara Thikhvin ditutup dan direbut pemerintahan Nazi Jerman pada Perang Dunia II.

Pada 1944 Nazi membawa lukisan tersebut ke Riga, Latvia. Tapi, di kemudian hari, Uskup Agung Ortodoks Janis Garklavs yang bermigrasi ke AS pada 1949 justru menyelamatkan lukisan itu. Garklavs kemudian mewariskan lukisan tersebut kepada anaknya dengan pesan untuk mengembalikannya ke Biara Tikhvin.(ORS/Dew)

sumber:liputan6.com

Next Story : Mesir Keluarkan Keputusan Melarang Diskriminasi

More news in dunia

Pembangunan Gereja di Cirebon Diprotes Warga

Ratusan warga di Kelurahan/Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, menolak pembangunan Gereja Bethel Indonesia (GBI) Pekiringan dan kegiatan kebaktian yang dilaksanakan jemaat di gereja tersebut, Minggu.

Terpopuler

Headlines Hari ini